Menu

Anti Hoax

Berita

  • Hoaks, Berita tentang Makanan Kaleng Berbahaya dari Thailand
    Berita hoaks mengenai makanan kaleng berbahaya dari Thailand yang pernah ramai beredar pada tahun 2013 di aplikasi chat kembali menyeruak. Parahnya lagi, masih menyertakan link bahwa berita itu dari Liputan6.com.
  • Pesan Broadcast Lowongan Kerja PT KAI Ternyata Hoax, Waspada Penipuan
    Belakangan ini, beredar broadcast mesange tentang rekrutmen karyawan PT Kereta Api Divre III Palembang. Dalam pesan yang beredar, lowongan dibuka untuk posisi administrasi, tenaga operasional, pemeliharaan sarana dan prasarana, operator mesin perawat jalan rel, calon masinis.

    Tak hanya itu, dalam broadcast tersebut menyebutkan juga penghasilan yang ditawarkan antara Rp 3.3 juta hingga Rp 8.8 juta. Pelamar yang akan mengajukan lamaran diarahkan untuk mengirim lamaran ke email recruitmen.keretapi@gmail.com.

    "Dari laporan karyawan dan masyarakat mendapat broadcast tersebut, kami sampaikan jika itu tidak benar. PT KAI tidak pernah menerima karyawan melalui Gmail, tetapi ad website sendiri. Maka dari itulah, kami minta masyarakat waspada penipuan berkedok penerimaan karyawan PT KAI," ujar Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti

  • Loker Sekretariat Asian Games Hoax
    PALEMBANG – Panitia Asian Games XVIII/2018 mulai gerah. Kabar beredar perekrutan?volunteers dinilai menyalahi aturan.

    Mengingat, panitia belum melakukan pengumuman perekrutan volunteers. “Ya, saya kira masyarakat jangan mau tertipu,” kata Nirmala Dewi panitia bidang promosi Asian Games, kemarin.

    Sempat beradar di media sosial wacana perekrutan tenaga kerja untuk pesta olahraga akbar bangsa-bangsa Asia itu. “Ada kah teman-teman disini punya saudara laki/perempuan umur 24 tahun keatas. Lulus kuliah dan belum bekerja? Berpenampilan menarik, bisa komputer (excell, MS word, power point) dapat menggunakan tools presentasi, dan menyiapkan bahan-bahan presentasi. Input data anggaran, bahasa inggris minimal pasif, hobi olahraga lebih bagus untuk dipekerjakan di Sekretariat Asean Games (yang benar Asian Games) yang minat mohon kirim lamawan ke rurry@adm.co.id. Urgent. Urgent. Honornya perbulan lumayan kok. Monggo kirim lamarannya segera yaa. Kesempatan gak datang 2 kali. Siapa tahu ini bisa sebagai batu loncatan nantinya,” demikian tulis lamaran tersebut.

    “Yang jelas sampai sekarang panitia belum melakukan rekrutmen terhadap volunteers maupun workforce. Sepertinya banyak tawaran hoax beredar. Takunya nanti tidak benar,” kata dia.

    Lantas kapan pengumuman perekrutan volunteers? Dewi yang juga direktur marketing dan sponsorship PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) selaku pengelola Sriwijaya FC itu mengaku masih menunggu informasi dari Inasgoc atau panitia pelaksana. Ya, sabar dulu ya, nanti pasti akan di informasikan jika sudah ada jadwal dari Inasgoc, tukas dia. (ion)
  • Awas Penipuan Lowongan Kerja PT Pusri (Pupuk Sriwidjaja) Palembang

    Akhir-akhir ini beredar pesan chat Whatsapp soal lowongan kerja di PT Pusri Palembang yang isinya seperti ini :

    PT Pupuk sriwidjaja Palembang membuka kesempatan kerja kepada putra-putri Indonesia lulusan: SMA,SMK S1-S3 & D1 -D3 

  • Kabar Meninggalnya Rudi Hartono Dipastikan Hoax, Ini Perjalanan Hidupnya Sebelum Jadi Legenda
    Di negeri ini, siapa pun bisa menjadi sasaran berita bohong atau berita hoaks, bahkan meski itu seorang legenda bulu tangkis sekelas Rudy Hartono Kurniawan sekali pun.

    Rudy Hartono, legenda bulu tangkis yang hingga kini masih mencatat rekor sebagai pemain paling banyak menjadi juara turnamen tertua All England (8 kali), sempat diterpa isu tak sedap karena dirinya dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (10/03/2018).

    Berita kematian ini sempat cepat menyebar melalui media sosial, dimana tidak sedikit orang-orang yang mengunggahnya tanpa melakukan cek dan ricek terlebih dulu.

  • Beredar di WhatsApp, Info Pemutihan SIM Dipastikan Hoax
     Pesan berantai melalui jejaring media sosial (medsos), terutama WhatsApp (WA) terkait pemutihan Surat Ijin Mengemudi (SIM), marak beredar.

    Informasi tersebut menyatakan, jika SIM yang masa berlakunya telah habis, bisa diperpanjang hingga tanggal 6 Januari 2018 tanpa harus mengikuti tes sesuai prosedur dalam sistem perpanjangan SIM yang berlaku.

    Menanggapi hal itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Madiun Kota, Ajun Komisaris Polisi Purwanto Sigit Raharjo mengatakan, informasi berantai melalui akun WA tersebut adalah hoax atau tidak benar. AKP Sigit mengakui, sejak beredarnya isu pemutihan SIM, ada sejumlah orang yang datang ke kantor Satlantas Kota Madiun, menanyakan kebenaran informasi tersebut.
  • Beredar Video Nasi Padang Diduga Terbuat dari Beras Plastik, Wanita Asal Padang Ini Ungkap Faktanya
    Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan video bola nasi memantul yang diduga terbuat dari beras plastik.

    Dalam video itu, bola nasi memantul itu memang banyak beredar di media sosial.

    Dalam video tersebut terlihat beberapa karyawan kantor yang menuding sebuah rumah makan masakan Padang menggunakan beras plastik.
     
    Hal itu lantaran nasi dari rumah makan tersebut dapat memantul ketika dibentuk menjadi gumpalan bola.

    Mereka menganggap jika nasi itu terbuat dari beras asli maka bola nasi itu tidak akan bisa memantul.

    Viralnya video tersebut membuat pemilik sebuah rumah makan masakan Padang melaporkan pengunggah video ke Mapolres Metro Jakarta Pusat.

    Pemilik rumah makan masakan Padang itu menganggap pengunggah video telah mencemarkan nama baik rumah makannya.

    Ternyata isu penggunaan beras plastik dalam nasi Padang itu hoax belaka.
     
  • Telur Palsu Dikabarkan Beredar di Wilayah Sumatera
    Baru-baru ini netizen di sosmed dihebohkan tentang adanya telur palsu, diketahui keberadaannya itu terdapat di lubuk linggau, Sumatera Selatan.

    Bahkan dari pantauan tim sripo telur tersebut telah sampai di kota Palembang.
     
    Pantauan Sripo, di sejumlah pasar yang ada di Palembang. belum menemukan telur yang diduga palsu tersebut.

    Namun pedagang jajanan SD yang ada di kawasan KH Ahmad ahlan, Kowi mengaku pernah menemukan telur palsu tersebut.

    Telur itu didapat dari sebuah warung manisan, tahun lalu.

    Yang ada di kawasan Kertapati saat ia sedang kehabisan telur untuk dimasak.

    Membelinya dengan skala banyak dan ternyata saat memecahkan terlur yang ketiga, ia melihat perbedaan dari telur tersebut.

    Dari bagian cangkangnnya, memang tampak persis seperti cangkang telur aslinya.

    Bedanya hanya didalam(Isinya), kuning telur dan putih telur ketika dikocok sulit menyatu. serta mudah sekali terpisah.

    Rasanya agak sedikit kejal dan baunyapun bukan bau telur.
  • Google Akan Keluarkan Tanda "Hoax" di Laman Pencariannya
    Google mulai menerapkan langkah-langkah yang dijanjikan untuk memerangi penyebaran berita palsu alias hoax melalui layanannya.

    Akhir pekan lalu, raksasa internet ini mulai menandai berita-berita yang muncul di mesin pencarinya, dengan hasil kroscek fakta dari tim verifikasi pihak ketiga.

    Laman Google Search akan memperlihatkan klaim dari berita dimaksud, lalu menyandingkannya dengan hasil kroscek.


  • Lawan Hoax, Kominfo Sumsel Minta Masyarakat Cerdas Lakukan Antisipasi Ini,Cukup Lapor Kesini!
    Semakin berkembangnya teknologi dan cepatnya informasi yang menyebar ke masyarakat, berakibat maraknya info atau berita yang langsung ditela tanpa dicari kebenaranya atau yang sering disebut berita hoax.

    Menyikapi hal tersebut Plt Kepala Kominfo Sumsel, Inanda Karina saat dikonfirmasi, Senin (19/3/2018) mengatakan, masyarakat harus cerdas menyikapi info atau berita yang beredar. Jangan langsung ditelan mentah-mentah tapi cari dulu kebenaranya.

    "Kalau masyarakat ragu akan kebenaran info yang beredar bisa bertanya melalui akun media sosial kami baik facebook maupun instagram di KominfoSumsel Anti Hoax. Silakan buka media sosial kominfo tersebut, di sana kami juga posting berita-berita yang mana hoax yang mana yang benar," ujarnya.


  • Bukan Hanya di Lubuk Linggau, Fakta Baru Soal Telur Palsu Ini Bikin Ngeri Netizen, Ini Butkinya
    Soal telur palsu kini nampaknya semakin membuat warga ketar-ketir.

    Bagaimana tidak, telur sendiri merupakan makanan yang paling sering dikonsumi sehari-hari.

    Hal ini tentunya membuat banyak masyarakat yang akhirnya kebingungan bagaimana membedakan telur asli dan palsu.


  • Awas! Polresta Palembang Pastikan Libas Penyebar Hoax di Medsos
    Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono melalui Kabag Ops, Kompol Marully Pardede menyatakan, saat ini pihaknya belum menemukan adanya masyarakat ataupun massa pendukung Paslon (Pasangan Calon) yang menyebar berita tidak sesuai fakta atau hoax maupun kampanye hitam terhadap salah satu paslon.

    "Saat ini belum ada masyarakat atau massa yang menyebar berita palsu atau hoax,"ujar Marully saat dikonfirmasi,
  • Beredar Berita Hoax Volunteer Asian Games, Presiden INASGOC Beri Jawaban Menggelitik
    Kabar hoax mengenai volunteer atau sukarelawan yang sempat menghebohkan beberapa waktu, memaksa pemerintah, terutama pihak yang terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018, angkat bicara.

    Sempat beredar kabar bahwa dibutuhkan puluhan ribu sukarelawan untuk Asian Games dengan upah Rp 600 ribu perhari.

  • Info Razia STNK di Sosmed Mulai 25 Februari, Ditlantas Polda Sumsel Sebut Itu Hoax!
    Informasi yang mengatasnamakan dari Mabes Polri yang menyatakan Razia STNK serentak akan dimulai 25 februari 2018 jadi viral di Sosmed.

    Tidak sedikit warga wajib pajak menanyakan ke kantor layanan Samsat di Sumsel bagaimana kebenaran berita viral dimaksud ini.

    Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumsel AKBP Donni Eka Syah putra SIK SH, menegaskan bahwa pemberitaan yang viral di sosmed dimaksud adalah berita HOAX dan untuk wilayah Sumsel jadwal tersebut tidak ada dan tidak benar adanya.

  • Berani Sebar Berita Hoax Pilkada Sumsel, Siap-siap Dipenjara 7 Tahun !
    Menjelang Pemilihan Kepala daerah serentak Juni mendatang, Polda Sumsel mengimbau kepada para pendukung jangan menjadi penyebar berita hoax.

    Apabila kedapatan menyebarkan berita hoax hingga melakukan ujaran kebencian terhadap calon kepala daerah di Sumsel, pelaku siap akan dikenakan UU ITE dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

    Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara yang ditemui mengungkapkan, pihaknya akan berkordinasi dengan panwaslu untuk memantau tahapan pilkada demi terciptanya keadaan yang kondusif di wilayah Sumatera Selatan.

  • Kapolres Muba, Ajak Warga Bersatu Perangi Berita Hoax

    Banyaknya berita hoax tersebar melalui media sosial yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI membuat kepolisian Resor Musi Banyuasin menyatakan anti hoax.

    Kapolres Muba AKBP Rahmat Hakim, SIK, menerangkan bahwa berita hoax ini sangat berbahaya, karena dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan negara.

    “Maka dari itu kami Polres Musi Banyuasin mengajak seluruh elemen masyarakat kabupaten muba bersatu menolak berita hoax

  • Facebook Komitmen Berantas Berita Hoax
    Terkait upaya pemberantasan berita palsu (hoax), Facebook meluncurkan proyek khusus bertajuk Journalism Project. Proyek ini mengukuhkan posisi Facebook sebagai media sosial yang serius menankal berita hoax.

    Dilansir CNN, Senin (16/1), dalam proyek tersebut Facebook akan fokus pada pengembangan sejumlah fitur seperti Live, 360, dan Instant Articles. Nama terakhir diprediksi akan menjadi ujung tombak Facebook dalam transformasi mereka ke bisnis media.

    Jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini juga akan menggandeng organisasi pihak ketiga untuk mempromosikan literasi media. Seperti diberitakan Reuters, mereka bertujuan membantu penggunanya untuk memilah mana sumber yang terpercaya dan yang tidak.
  • Ikan Plastik dari Afrika Shop
    Hoax makanan berbahan plastik masih saja laku ”dijual”. Setelah kubis dan beras plastik, kini malah muncul ikan plastik. Informasi palsu itu makin dipercaya karena dilengkapi video.

    Salah satu penyebar hoax iklan plastik adalah akun YouTube PelpaTime pada 10 Agustus 2017. Video yang ditampilkan adalah potongan-potongan tubuh ikan yang sedang dibersihkan. Ada juga narasi bahwa ikan yang sedang dibersihkan itu ternyata plastik. Baru saja dibeli di sebuah Afrika Shop di London.

    Cukup lama si pengisi suara mengatakan bahwa ikan itu seperti berbahan plastik. Dia mencontohkan sisi ikan yang molor. Juga, daging ikan yang lentur seperti sebuah spons. ”Ketika ditekan, keluar air seperti spons,” ujar si narator. Video itu kini dengan cepat menyebar ke Indonesia. Salah satu penyebarnya ialah akun fans page Facebook Generasi NOW. ”Kacau, ikan plastik pun ada. Like, share, biar semua orang waspada,” tulis akun tersebut.

    Ada juga akun Facebook Zippo Marlboro yang membagikan link video dari grup Toraya Sikamali. Dia menuliskan, ”HEBOH!! Kalau dulu ada beras plastik, sekarang ada yang namanya: IKAN PLASTIK!!!

    Jawa Pos menelusuri kabar itu melalui Aquaculture and Fisheries Improvement Manager WWF Habib Abdullah. Habib mengatakan, sulit memercayai video tersebut sebagai sebuah kebenaran. ”Saya tidak yakin itu ikan plastik,” ujarnya. Menurut dia, ikan apa pun, jika kena air lalu dimasukan freezer, ketika dikeluarkan dan ditekan keras, pasti akan keluar air.

    ”Persis seperti spons yang diteken dan keluar airnya. Seperti yang diklaim narator dalam video tersebut,” katanya. Kemungkinan juga ikan yang terdapat dalam video itu mengalami freezer burn.

    Habib tidak bisa memastikan jenis ikan pa yang ada dalam video tersebut. Sebab, bentuknya sudah tidak utuh. ”Saya belum pernah lihat model daging ikan seperti itu di Indonesia. Mungkin ini jenis ikan dari luar negeri,” ujarnya. Habib pernah mendapatkan cerita dari temannya, di luar negeri memang ada ikan yang dagingnya mirip seperti spons.

    Berdasar pencarian di Google mengenai freezer burn ternyata terdapat bahasan soal ”ikan plastik” tersebut. Sebuah situs pembasmi hoax, hoaxorfact.com, pernah membahas video serupa beberapa hari lalu. Mereka menyebut narasi itu mungkin sudah mengalami editing. Situs itu juga menyebut ikan dalam video tersebut mungkin mengalami freezer burn. Itu bisa dilihat dari terdapatnya tanda bintik-bintik kasar cokelat keabu-abuan. Tanda itu khas pada ikan beku.

    Dikutip dari majalah in-fisherman edisi online, freezer burn terjadi karena proses pembekuan. Ikan maupun daging apa pun yang dibekukan terlalu lama dengan cara yang salah bisa mengalami freezer burn. Kandungan air di dalam daging ikan berubah menjadi kristal es dan akhirnya daging menjadi kering. Saat dimasukkan ke air dalam jangka waktu cukup lama, daging ikan yang kering itu menyerap air seperti busa.

    Pada ikan, freezer burn terlihat dari tandanya, yakni daging keputihan dan mengeras. Kualitas daging ikan yang mengalami freezer burn memang akan menurun. Namun, menurut beberapa tulisan, itu masih aman untuk dikonsumsi.

    FAKTA 
    Narasi video yang menyebut ikan berbahan plastik adalah hoax. Ikan yang ditunjukkan sudah mengalami freezer burn karena terlalu lama dibekukan. Saat dimasukkan ke air, ikan menyerap air seperti busa. Saat ikan ditekan, air keluar dari daging.
  • AIR MINERAL BISA MELEDAK SAAT KEPANASAN DI MOBIL
    Unggahan akun Facebook sebuah majalah berbahasa Indonesia ini bikin deg-degan.

    WASPADA, Botol Air Minum di Dalam Mobil Bisa Memicu Ledakan.

    Judul tersebut mungkin bombastis. Sebab, menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), air mineral dalam botol tak mungkin menyebabkan ledakan meskipun terjadi pemanasan di dalam mobil.

    Tulisan yang dibagikan akun Facebook itu ternyata berasal dari sebuah portal berita.

    Portal itu masih satu grup dengan majalah yang mempunyai akun Facebook tersebut.

    Menurut tulisan portal berita itu, air dalam botol bisa bertindak sebagai lensa.

    Jadi, ketika sinar matahari mengenainya, terutama jika botol berada di permukaan yang gelap, bisa jadi dapat memicu api.

    Berita di portal itu ternyata bersumber dari video di Facebook yang diunggah oleh akun Idaho Power.

    Di halaman Facebook Idaho Power memang terdapat sebuah video yang menyebutkan air mineral dalam botol berpotensi menimbulkan api ketika terpapar panas di dalam mobil.
  • Mark Zuckerberg, CEO Facebook, Menemukan Kata BFF
    "Kami tidak suka menjadi perusak suasana tetapi post tersebut adalah hoaks! 'BFF' hanyalah kata lain yang dipilih oleh Facebook yang menyediakan sebuah animasi singkat dan teks berwarna setelah selesai diketik. Hal yang sama akan terjadi jika anda mengetik kata-kata berikut ini:
    Pengguna media sosial yang pandai akan tahu hoaks dengan segera karena setelah mengetik ‘BFF’, satu-satunya hal yang muncul adalah animasi dari dua tangan yang saling menepuk (Tos). Tidak ada pesan dari Facebook memberi tahu anda bahwa akun anda aman setelah teks muncul dalam warna hijau.”, selengkapnya di poin (1) bagian REFERENSI.

    Facebook menyediakan fitur “Activity log” untuk melihat aktivitas akun, untuk hal-hal yang berhubungan dengan pengaturan keamanan akun bisa diakses di Settings > Security and login, bisa juga menggunakan fitur “Security Checkup”. Fitur-fitur ini yang perlu diperiksa oleh pengguna, bukan dengan cara mengetik “BFF” lalu akun dipastikan aman karena dilindungi.
  • Ini Adalah Orang yang Pernah Membakar dan Merobek Merobek Alqur'an di Amerika
    Jawapos: “Gaylord terkena penyakit yang dibawa kucing. Ceritanya, suatu ketika, Gaylord hendak menyelamatkan tikus yang dimakan kucing. Upaya itu gagal. Gaylord lantas menembak si kucing untuk mengakhiri penderitaan satwa mamalia itu. Pria asal Oregon, Amerika Serikat, itu berusaha menyelamatkan tikus dari rahang si kucing. Nah, dua hari kemudian, Gaylord menderita demam dan menggigil. Dia sempat koma hingga 27 hari. Tim medis setempat melakukan pemeriksaan terhadap bangkai kucing yang dikubur di belakang rumah Gaylord. Ternyata kucing itu memang terjangkit penyakit.”

    The Guardian: “An Oregon man who contracted a rare case of the plague trying to take a mouse from the jaws of a choking cat”, jadi terjemahan yang benar adalah “Seorang laki-laki dari Oregon yang terjangkit wabah penyakit langka (karena) berusaha mengambil seekor tikus dari kucing yang sedang tersedak”.
  • Pose Dua Jari Peace Rentan Duplikasi Sidik Jari
    Prosesnya tidak semudah seperti yang diberitakan: ambil foto lalu terjadi duplikasi sidik jari. Diperlukan jenis pencahayaan yang tepat untuk mengambil foto yang bisa menangkap pola sidik jari, lalu hasil pengambilan tersebut dicetak ke media yang akan digunakan untuk meniru sidik jari tersebut, setelah itu harus ada akses fisik ke sensor sidik jari di perangkat yang ingin diretas. Snopes.com memasukkan hal ini ke kategori "tidak terbukti", selain itu artikel dan berita-berita yang temanya sama tidak lama setelah dipublikasikan sudah tidak bisa diakses
  • KONTROLER PS TERBUAT DARI HIDUNG ANJING
    Hal lucu bisa datang dari mana saja, termasuk informasi tentang game yang sedang ramai ini. Muncul postingan di Facebook, menyebutkan bahwa hidung anjing menjadi salah satu material untuk membuat kontroler PlayStation (PS). 

    Benarkah informasi ini? Nah, jika diteliti, sudah pasti kabar tersebut hoax. Tidak ada kejelasan dari mana informasi tersebut berasal. Dan yang jelas, informasi yang disampaikan saja sudah sesat. 
  • Siap-siap Konsumsi Garam Impor dari China
    600 ribu ton (garam) kita keluarkan untuk 27 perusahaan,” ujar Direktur Jendral Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA), Achmad Sigit Dwiwahjono di Kantor Kemenperin, Selasa (20/3/2018).
    Impor tersebut akan segera dilakukan oleh industri yang diperkirakan akan datang pada 3 pekan kedepan.
    “Ya 2-3 minggu (garam sampai ke Indonesia),” ujar Sigit.
    Sigit juga mengatakan sejauh ini industri paling banyak mendatangkan garamnya dari Australia, China, dan India”, jadi bukan hanya dari China saja.
     
    “Dilarang untuk Pasar Konsumsi”, seperti yang tertulis di artikel di dalam foto post tersebut. Garam yang ini adalah untuk keperluan industri, bukan untuk dijual ke konsumen: “Pada industri kimia, garam adalah bahan baku dan bahan penolong. Bagi manusia, garam adalah penyedap alias bumbu makanan.
    “Sederhananya, untuk industri yang dicari adalah mineralnya (Natrium Klorida), sementara untuk bumbu, yang dicari adalah rasa asinnya,” kata Agust yang juga Founder Jurnal Maritim.
    Pengguna garam industri adalah industri chlor alkali plant (CAP), farmasi, dan Industri Non CAP seperti perminyakan, pengasinan ikan, kulit, tekstil, sabun dan lain-lain.
    Hasil produksi garam rakyat masih belum mampu memenuhi kualitas garam industri.
    Penyebabnya macam-macam, salah satunya adalah rendahnya salinitas air laut di sentra-sentra produksi garam di Indonesia.
    Untuk mencapai standar garam industri, diperlukan proses pengolahan lebih lanjut yang tidak murah.
    “Masyarakat tidak perlu khawatir karena peruntukkan garamnya memang berbeda,” kata Agust 
  • Cek Saldo Rekening di Bank BRI Terutama yang Sudah Registrasi HP Menggunakan KK dan NIK
    “Hilangnya uang nasabah diduga diawali dari penyadapan data nasabah pada kartu ATM melalui metode skimming. … Dadi mengimbau para nasabah untuk tetap tenang dan datang ke kantor BRI untuk mengecek rekeningnya. Dia menegaskan, setiap komplain yang masuk akan dilayani hingga rampung. BRI, lanjut dia, juga berharap masyarakat tidak panik karena bank akan melakukan penggantian setiap uang nasabah yang hilang sesuai prosedur.” Selengkapnya di poin (1) bagian REFERENSI, dan silakan tunggu hasil dari proses penyelidikan oleh pihak-pihak yang terkait.

    “Nama Ibu Kandung biasa ditanyakan oleh Bank untuk keperluan verifikasi, masih ada metode verifikasi lain yaitu: PIN. Bank selalu melarang untuk membagi PIN ke siapapun, termasuk ke mereka yang mengaku dari pihak bank. Jika nama Ibu Kandung dihubungkan dengan Admin, Admin tidak perlu nama Ibu Kandung nasabah untuk membobol sistem, ada aturan/prosedur/mekanisme ketat yang melindungi data dan dana nasabah dari kejadian itu.”, selengkapnya di post sebelumnya di https://goo.gl/zMtKjZ. Yang artinya, tidak ada hubungannya dengan registrasi HP menggunakan KK dan NIK karena metode Skimming adalah metode akses langsung (fisik) ke kartu